Minggu, 25 November 2012

Ringkasan Materi UAS Biologi kelas 7


RINGKASAN MATERI UAS KELAS 7
Kerja ilmiah adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah untuk mendapatkan jawaban dari suatu masalah.
l  SAINS : adalah kumpulan konsep, prinsip, hukum, teori tentang alam sekitar yang dibentuk melalui metode ilmiah dan sikap ilmiah.
l  Kita lebih mengenal SAINS sebagai Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
l  Biologi sebagai suatu sains khusus mempelajari tentang seluk beluk kehidupan ( makhluk hidup, zat penyusun tubuh, zat + energi yang dibutuhkan serta segala hal tentang makhluk hidup)
l  Batasan sains
            1.   diperoleh dengan metode ilmiah dengan     sikap ilmiah
            2.   menghasilkan produk berupa ; konsep, prinsip,     hukum dan teori
l  Sifat dan ciri sains
            a. diperoleh dengan eksperimen/observasi
            b. memiliki bukti laporan/previkasi
            c. dapat dibuktikan kebenarannya
            d. tidak mutlak
l  Kualitatif
Pengamatan dengan menggunakan alat  indera 
l  Kuantitatif
            Pengamatan dengan menggunakan alat ukur  (neraca, stop wacth, penggaris dll)                              



Langkah-langkah metode ilmiah
  1. Menemukan dan merumuskan masalah
  2. Mengumpulkan data
  3. Menyusun hipotesis
  4. Eksperimen
  5. Mengolah data hasil eksperimen
  6. Kesimpulan
Dalam pelajaran biologi kerja ilmiah meliputi:
  1. Pengamatan
  2. Pengelompokkan
  3. Merencanakan dan melaksanakan penelitian
  4. Penafsiran
  5. Mengkomunikasikan hasil penelitian
  6. Bertanya
7.    Menerapkan konsep        

1.    Merumuskan masalah: Apakah frekuensi penyiraman mempengaruhi pertumbuhan tanaman padi?
            Judul : Pengaruh Frekuensi Penyiraman Terhadap PertumbuhanTanaman padi.
2.    Data-data yang dikumpulkan: morfologi tanamn padi, syarat tumbuh tanaman padi, fungsi air bagi tanaman.
3.    Hipotesis : terdapat pengaruh frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan tanaman padi.
4.    Percobaan :
            a. Menentukan Variabel Penelitian
                        Variabel bebas : frekuensi penyiraman
                        Variabel terikat : tinggi tanaman, jumlah daun, warna  daun
Variabel kontrol : jumlah air, jenis air, media tanaman, jenis tanaman (harus sama)
            b. Menyusun langkah kerja
                      Menyusun dan mengolah data
    Data disusun dalam tabel sebagai berikut
  Keterangan:
   A1 = frekuensi penyiraman 1kali
   A2 = Frekuensi penyiraman 2 kali
   A3 = frekuensi penyiraman 3 kali
   I – III dst = hari pengamatan tiap 3 hari

Pembeda
ILMIAH
NON ILMIAH
Asal data
Fakta yg dianalisis
Bukan fakta
Sifat
Obyektif jauh dr prasangka
Timbul banyak pemikiran
Pemecahan masalah
Metode ilmiah & Sikap ilmiah
Metode asal jadi yg disesuaikan

l  Kebenaran yang diperoleh tidak melalui penelitian ilmiah.
l  Contoh:
                        1. Penemuan kebenaran secara kebetulan
                        2. Wahyu (kebenaran dari Allah melalui Nabi)
                        3. Coba-coba
                        4. Spekulasi
Mikroskop dan Bagiannya
1.        Lensa Okuler
2.        Pengatur lensa okuler
3.        Revolver & Lensa Obyektif
4.        Meja Preparat
5.        Penjepit preparat
7.        Makrometer
8.        Mikrometer
9.        Pengatur meja dan penjepit preparat
10.     Kondensor dengan diafragma
11.     Penutup lampu dg pengatur cahaya
12.     Pengatur cahaya lampu


Tentang mikroskop kita
Mikroskop mampu memperbesar benda yang diamati sesuai dengan lensa obyektif dan okuler yang digunakan (hasil kali lensa obyekti dan okulernya), tetapi gambar yg dihasilkan terbalik dan benda harus tembus cahaya (mikroskop cahaya)
1.    Lensa okuler : pembesar gambar obyek atas
  1. Lensa obyektif : pembesar gambar obyek bawah
  2. Revolver : pengatur lensa obyektif yg dipakai
  3. Meja preparat : tempat meletakkan preparat
  4. Penjepit preparat : penahan preparat tetap ditempat
  5. Makrometer/pemutar kasar : menaikturunkan meja obyek dekat dg lensa obyektif secara cepat
  6. Mikrometer/pemutar halus : menaikturunkan meja obyek dekat dg lensa obyektif secara lambat
  7. Diafragma : pengatur banyak sedikit cahaya yang mengenai obyek pengamatan
  8. Pengatur penjepit preparat kiri kanan
  9. Pengatur meja preparat ke depan dan ke belakang

Membuat preparat
Preparat adalah benda yang diamati di mikroskop, yang terbuat dari bagian yang akan diamati dengan memotong, menyayat tipis atau mengambil sesuatu yang diletakkan di dalam kaca pengamatan/preparat. Kaca tersebut meliputi kaca obyek/object glass dan kaca penutup/deck glass
 

Keselamatan kerja dalam Laboratorium
1.    Siswa harus didampingi  oleh guru/pembimbing
2.    Siswa wajib mematuhi tata tertib yang berlaku di laboratorium.
3.    Apa bila menggunakan bahan kimia maka kenali jenis zat dengan melihat symbol atau tanda yang tertera pada label wadah atau botol zat kimia tersebut.
4.    Jauhkan bahan kimia yang mudah terbakar dari api (alcohol, spirtus, natrium)
5.    Gunakan alat-alat lab. Sesuai dengan fungsi dan fahami cara kerjanya.
6.    Cucilah dengan air mengalir sebelum dan sesudah melakukan percobaan serta apabila terkena bahan kimia.
7.    Tidak diperbolehkan menghirup ataupun mencicipi gas/bahan secara langsung dari kemasan bahan kimia atau wadah.
8.    Tidak menngarahkan mulut tabung reaksi kepada seseorang pada saat digunakan.
9.    Buanglah limbah sisa percobaan, sampah pada tempatnya
10. Cuci dan bersihkan setiap alat yang digunakan dengan sabun dan keringkan alat-alat tersebut.
Sifat-sifat bahan kimia : bersifat mudah terbakar, korosif, beracun, berbau tajam, mudah meledak, atau radioaktif. Oleh karena itu bahan-bahan ini disimpan dan dikemas dalam botol/wadah yang diberi label dan symbol tertentu.
Ciri-Ciri Makhluk Hidup
a.    Ciri-Ciri Hidup
            1. Makan
            2. Bernafas
            3. Bergerak
            4. Mengeluarkan zat sisa
            5. Peka terhadap rangsang
            6. Berkembang biak
            7. Bertumbuh
Makhluk hidup berbeda dengan benda/makhluk tak hidup, karena makhluk hidup memiliki semua ciri-ciri hidup
a. Jenis Makanan    1. Carnivora
                                    2. Herbivora
                                    3. Omnivora
b. Sifat hidup                        1. Saprofit
                                    2. Parasit
a. Produsen (membuat makanannya sendiri)    ----- fotosintesis (autotrof)
b. Konsumen + pengurai (tidak dapat      membuat makanan sendiri / bergantung            dengan yang lainnya) heterotrof

Fotosintesis:
n  Arti: Proses pembuatan makanan dengan bantuan cahaya Matahari pada makhluk hidup yang berhijau daun/klorofil.     
n  Reaksi: CO2 + H2O      klorofil  >>>> C6H12O6 + O2

Bernafas
Proses pengambilan Oksigen untuk proses pembakaran/oksidasi bahan makanan guna mendapatkan energi.
2. Reaksi
             Makanan + O2 --> Energi + CO2 + H2O
3.  Macam alat pernafasan
                        a. Paru-paru
                        b. Kulit
                        c. Insang
                        d. Trakea
                        e. Stomata/lentisel
                        f. Alat khusus                                                                                               
Mengeluarkan Zat sisa
n  Arti : proses pengeluaran zat yang sudah             tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh.
n  Mengapa zat tsb. harus dikeluarkan?
n  Macam alat pengeluaran
            1. Ginjal
            2. Hati
            3. Kulit
            4. Alat pernafasan
            5. Daun (stomata, hidatoda)
Apa itu Iritabilita
Arti : kemampuan makhluk hidup             menanggapi rangsangan dari luar.
Alat penerima rangsang:
a.   Indera (pada hewan & manusia)
b.    Tumbuhan:
Untuk bereaksi terhadap rangsangan, antara lain:
            -           ujung batang selalu menghadap ke arah datangnya cahaya.
            -           ujung akar menuju ke pusat bumi.
            -           daun putri malu akan menutup daunnya jika ada getaran
Berkembang biak
Arti: Kemampuan makhluk hidup bertambah banyak untuk mewariskan sifat keturunannya.
Macam Cara Berkembang biak
            1. Generatif / kawin
            2. Vegetatif / tak kawin baik alami maupun buatan

Organisasi kehidupan
tubuh makhluk hidup adalah organisasi/kumpulan dari bagian-bagian penyusun proses kehidupan.
n  1. Sel
n  2. Jaringan
n  3. Organ
n  4. Sistem Organ
n  5. Organisme

SEL
Sel adalah satuan terkecil penyusun tubuh makhluk hidup
Ilmu yang mempelajari tentang sel dinamakan Sitologi.
Sel terdiri atas 2 bagian besar :
1.  Bagian Luar
Terdiri atas Membran Sel, pada sel tumbuhan dilengkapi pelindung membran sel yaitu Dinding Sel
2. Bagian dalam
Terdiri atas : a. Sitoplasma (cairan sel) yang didalamnya terdapat                                    organel sel (mitokondria, dll)
                        b. Nukleus / inti sel
4 Fungsi sel:
¨  1. penyusun tubuh
¨  2. perkembangbiakan (hwn. Bersel  satu)
¨  3. pertumbuhan dan perkembangan
¨  4. pembawa faktor menurun (inti sel)

¨  . Fungsi bagian-bagian sel
¨              1. Membran plasma : mengatur keluar masuknya zat di dalam sel
¨                   2. Sitoplasma : tempat menyimpan bahan. makanan & tempat organel-organel sel
¨              3. Inti sel : pusat pengatur kegiatan sel
¨              4. Mitokondria : tempat respirasi sel
¨              5. Ribosom : tempat pembentukan protein
¨       6. Retikulum Endoplasma : tempat menyalurkan protein & pembentuk lemak
¨              7. Badan Golgi : tempat pengeluaran zat
¨              8. Vakuola :  tempat menyimpan air dan zat lain
¨              9. Sentrosom (pd hewan) : tempat pembelahan sel
¨              10. Lisosom (pd hewan) : penghasil enzim
¨              11. Plastida (pd tumbuhan) : untuk fotosintesis
                   J a r i n g a n
a. Arti Jaringan:
            Kumpulan sel yang memiliki bentuk dan            fungsi yang sama.
B. Macam Jaringan
            1. Jaringan hewan + manusia
            2. Jaringan Tumbuhan
n  1 Jaringan Tumbuhan
¨  a. Jaringan epidermis/ pelindung
¨  b. Jaringan meristem / muda
¨  c. Jaringan pengangkut
n   Jaringan Xilem
n   Jaringan Floem
¨  d. Jaringan penguat
n   Kolenkim
n   sklerenkim
¨  e. Jaringan palisade / tiang
¨  f. Jaringan bunga karang
¨  g. Jaringan parenkim / dasar
n   Jaringan tiang
n   Jaringan bunga karang
n  . Jaringan Hewan:
¨  a Jaringan Epitel
¨  b. Jaringan otot
n   Jaringan otot polos
n   Jaringan otot lurik
n   Jaringan otot Jantung
¨  c. Jaringan penyokong
¨  d. Jaringan lemak
¨  e. Jaringan saraf    
Jaringan Tumbuhan
a. Jaringan Epidermis
            Sebagai pelindung jaringan di bawahnya dari kekeringan dan kerusakan mekanis.
            Terdapat di semua alat tubuhan (akar, batang dan daun)
b. Jaringan Meristem
            Merupakan jaringan yang tersusun atas sel-sel muda yang aktif membelah untuk membentuk jaringan baru.
            Terdapat pada ujung akar, ujung batang, kambium)
c. Jaringan Pengangkut
            Berfungsi mengangkut bahan-bahan yang dibutuhkan tumbuhan baik air dan makanan.
            Terdapat di semua alat tubuhan (akar, batang dan daun)      
d. Jaringan Penguat
            Menyokong dan memberikan kekuatan pada jaringan dan organ tanaman.
e. Jaringan Parenkim
Sebagai jaringan yang berfungsi membuat makanan dan menyimpannya terdapat di daun yang mengandung klorofil. terdiri dari jaringan palisade dan bunga karang.
Jaringan Sklereid pada jaringan Sklerenkim adalah jaringan yang membantu kulit biji dan kulit buah menjadi keras.
Sklereid terdapat pada bagian tumbuhan, antara lain di dalam korteks, floem, buah, dan biji. Dinding sklereid tersusun atas selulosa yang mengandung zat lignin yang tebal dan keras. Pada beberapa tumbuhan, kadangkadang ditemukan pula zat suberin dan kutin. Sel-selnya mempunyai noktah yang sempit dan celahnya bundar, membentuk saluran yang disebut saluran noktah. Lumen sel sangat sempit karena adanya penebalan-penebalan dinding sel. Sklereid mungkin bisa dijumpai dalam bentuk tunggal atau kelompok kecil di antara sel-sel, misalnya butiran seperti pasir pada daging buah jambu biji atau suatu masa sinambung seperti pada tempurung kelapa yang keras.
Organ pada tumbuhan
1.    Arti Organ:
Kumpulan berbagai jaringan yang bekerja sama manjalankan fungsi tertentu.
 a. Organ Tumbuhan:
            1. akar
            2. batang
            3. daun
            4. bunga
 b. Organ Hewan :
meliputi alat alat tubuh yang menyusun suatu fungsi             organ tertentu.
Misalnya: Organ-organ penyusun sistem pencernaan            meliputi: mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, poros usus, anus, hati, pankreas.
n  Akar
            Berfungsi:
1.    Penyerap bahan makanan
2.    Penopang
3.    Menyimpan makanan
4.    Alat pernafasan
Tersusun atas jaringan: epidermis, korteks dan jaringan pengangkut
n  Batang
            Berfungsi:
1.    Penegak tumbuh-tumbuhan
2.    Mengantarkan air dan bahan makanan
3.    Menyimpan cadangan makanan
Tersusun atas jaringan: epidermis, endodermis, pengangkut dan penyokong
n  Daun
            Berfungsi:
1.    Penyelengara fotosintesis
2.    Tempat penguapan dan pernafasan
3.    Menyimpan cadangan makanan
Tersusun atas jaringan epidermis, tiang, bunga karang dan pengangkut.
n Bunga
Sebagai alat reproduksi/perkembangbiakan.
Jaringan
ligamen merangkum sebagian sambungan tulang-ke-tulang.
Tendon membantu terjadinya pergerakan sendi dengan mentransmisikan gaya mekanik (tekanan) dari otot ke tulang. kerja sama otot ke tulang dibuat oleh tendon.



Sistem organ pada tumbuhan
Sistem Organ
Organ Penyusun
Fungsi
Pernapasan
Stomata, lentisel, akar
Tempat masuknya oksigen dan keluarnya CO2
Transportasi
Daun, batang, akar
Mengangkut air ke daun dan mengedarkan zat makanan ke seluruh tubuh
Gerak
Akar, batang, daun
Merespon rangsangan dari luar
Transpirasi
stomata
Mengeluarkan uap air

Sistem organ pada hewan
Sistem organ
Organ penyusun
Fungsi
Pernapasan
Hidung, tenggorokan, paru-paru
Menyuplai oksigen dan membuang karbon dioksida
Pencernakan
Mulut, kerongkongan, lambung, pancreas,usus
Memncerna makanan sehingga dapat diserap usus
Pengangkutan
Jantung, pembuluh darah
Mengangkut zat sisa yang diperlukan tubuh dan zat yang akan dibuang
Pengeluaran
Hati, paru-paru, ginjal
Mengeluarkan zat sisa yang sudah tidak dibutuhkan tubuh
Gerak
Tulang, otot
Menggerakan tubuh
Saraf
Otak, sungsum tulang belakang, serabut saraf
Menerima dan meneruskan rangsang, serta memberikan respon terhadap rangsang
Perkembangbiakan
Testis, ovarium
Melakukan perkembangan

Ilmu yang mempelajari klasifikasi makhluk hidup disebut ilmu Taksonomi
Pengelompokan makhluk hidup menurut Aris Toteles :
Makhluk hidup dibagi menjadi 2 yaitu : tumbuhan dan hewan
Berdasarkan lingkungannya tumbuhan dikelompokkan menjadi 3 :
    • 1. Xerofit : Tumbuhan yang hidup di daerah kering/ gurun (kaktus)
    • 2. Hidrofit : Tumbuhan yang hidup di daerah berair/perairan (teratai)
    • 3. Higrofit : Tumbuhan yang hidup di daerah  lembab (paku, lumut)
Hewan dibagi menjadi 3 berdasarkan makanannya :
1.    Herbivora
2.    Carnivora
3.    Omnivora
C. Linnaeus >>> Sistem tata nama ganda (Binominal Nomenclature) dengan ketentuan sebagai berikut :
            1. Harus dalam bahasa latin
            2. Terdiri dari dua nama
            3. Kata pertama menunjukan genus, kata ke dua menunjukan species
            4. Kata pertama dan kedua digaris bawahi dan secara terpisah atau dicetak miring.
Contoh :
      • Oryza sativa      (padi)
      • Oryza  sativa
Perhatikan organisme di bawah ini!




1.    Spirulina                        2 Euglena                       3.  Lumut                     4. Protista
 
Menurut Robert H. Whittaker (1707)
  1. Kingdom Monera
  2. Kingdom Protista
  3. Kingdom Fungi (jamur)
  4. Kingdom Plantae (tumbuhan)
5.    Kingdom Animalia (hewan)
Monera dibagi dua golongan :
Golongan Bakteri (Scyzophyta)
            Ciri umum
            - Tubuh bersel satu
            - Tidak berklorofil
            - Berkembangbiak dengan membelah diri
Ganggang Hijau Biru (chyanophyta)
            Ciri umum
            - Bersel satu atau banyak
            - Memiliki pigmen Fikosianin
            - Berkembang biak dengan membelah diri
            - Habitat perairan, tempat lembab, air panas
            - Merupakan Vegetasi perintis
Fungi :
Bersifat eukariotik, Heterotrof, Parasit dan Patogen.  Berkembangbiak dengan spora.
            Fungi yang bermanfaat :
            Rhizopus stolonifus (jamur tempe)
            Aspergillus wentti     (untuk membuat kecap)
            Saccharomyces cereviae (jamur roti)
            Volvariella volvacea (jamur merang)
Untuk memudahkan pengelompokan makhluk hidup, kita menggunakan kunci diterminasi/kunci dikotom, dengan mengenal ciri-ciri makhluk hidup
1.
a.
Bertulang belakang …………..………………………..             2

b.
Tidak bertulang belakang……………………………..             15
2.
a.
Berdarah panas ………………………………………….          11

b.
Berdarah dingin ………………………………………….          3
3.
a.
Penutup tubuh berupa rambut …………………………          4

b.
Penutup tubuh bukan berupa rambut …………………          5
4.
a.
Memiliki anggota gerak.................................................         8

b.
Tidak memiliki anggota gerak ....................................           9
5.
a.
Bersisik  ………………………………………………….           6

b.
Tidak bersisik …………………………………………….          7
6.
a.
Habitat di air ……………………….…………                          Pisces

b.
Habitat di darat …………………….……………...…               12
7.
a.
Berbulu ……………………………………………….…            10

b.
Tidak berbulu …………………………………                         Amphibi

No
Nama Makhluk Hidup
Nomor diterminasi
1
Ikan emas (Cyprinus carpio)
1a, 2a,3b,5a,6a
2
katak (Rana sp.)
1a, 2a,3b,5b,7b





1 komentar:

  1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, hati hati teman banyak jasa pengurus yang tidak benar contoh'nya saya pernah adakan pengurusan di salah satu web ijasah di google ternyata hasil'nya saya hanya di TIPU, tapi saya'pun tetap bersabar dan alhamdulillah ternyata semua itu ada hikma'nya, dan suatu hari kemudian tak di sangka saya bertemu salah satu anggota keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya yang hilang mulai dari SD sampai S1 yang kemarin saya jadi korban kebakaran dan alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, syarat dan ketentuan cara ngurus ijasah di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 1.500.000
    • SMA = Rp. 2.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    BalasHapus