RINGKASAN MATERI UAS KELAS 7
Kerja ilmiah adalah suatu kegiatan yang harus
dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah untuk mendapatkan jawaban dari suatu
masalah.
l SAINS : adalah kumpulan konsep, prinsip, hukum, teori
tentang alam sekitar yang dibentuk melalui metode ilmiah dan sikap ilmiah.
l Kita lebih mengenal SAINS sebagai Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA).
l Biologi sebagai suatu sains khusus mempelajari tentang
seluk beluk kehidupan ( makhluk hidup, zat penyusun tubuh, zat + energi yang
dibutuhkan serta segala hal tentang makhluk hidup)
l Batasan sains
1. diperoleh dengan metode ilmiah dengan sikap ilmiah
2. menghasilkan produk berupa ; konsep,
prinsip, hukum dan teori
l Sifat dan ciri sains
a.
diperoleh dengan eksperimen/observasi
b.
memiliki bukti laporan/previkasi
c.
dapat dibuktikan kebenarannya
d.
tidak mutlak
l Kualitatif
Pengamatan dengan menggunakan alat indera
l Kuantitatif
Pengamatan dengan menggunakan alat ukur (neraca, stop wacth, penggaris dll)
Langkah-langkah metode ilmiah
- Menemukan dan merumuskan masalah
- Mengumpulkan data
- Menyusun hipotesis
- Eksperimen
- Mengolah data hasil eksperimen
- Kesimpulan
Dalam pelajaran biologi kerja
ilmiah meliputi:
- Pengamatan
- Pengelompokkan
- Merencanakan dan melaksanakan penelitian
- Penafsiran
- Mengkomunikasikan hasil penelitian
- Bertanya
7. Menerapkan konsep
1.
Merumuskan
masalah: Apakah frekuensi penyiraman mempengaruhi pertumbuhan tanaman padi?
Judul : Pengaruh
Frekuensi Penyiraman Terhadap PertumbuhanTanaman padi.
2.
Data-data
yang dikumpulkan: morfologi tanamn padi, syarat tumbuh tanaman padi, fungsi air
bagi tanaman.
3.
Hipotesis
: terdapat pengaruh frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan tanaman padi.
4.
Percobaan
:
a. Menentukan Variabel
Penelitian
Variabel
bebas : frekuensi penyiraman
Variabel
terikat : tinggi tanaman, jumlah daun, warna
daun
Variabel kontrol :
jumlah air, jenis air, media tanaman, jenis tanaman (harus sama)
b. Menyusun langkah
kerja
Menyusun dan
mengolah data
Data disusun dalam tabel sebagai berikut
Keterangan:
A1 = frekuensi penyiraman 1kali
A2 = Frekuensi penyiraman 2 kali
A3 = frekuensi penyiraman 3 kali
I – III dst = hari pengamatan tiap 3 hari
Data disusun dalam tabel sebagai berikut
Keterangan:
A1 = frekuensi penyiraman 1kali
A2 = Frekuensi penyiraman 2 kali
A3 = frekuensi penyiraman 3 kali
I – III dst = hari pengamatan tiap 3 hari
Pembeda
|
ILMIAH
|
NON ILMIAH
|
Asal data
|
Fakta yg dianalisis
|
Bukan fakta
|
Sifat
|
Obyektif jauh dr prasangka
|
Timbul banyak pemikiran
|
Pemecahan masalah
|
Metode ilmiah & Sikap ilmiah
|
Metode asal jadi yg disesuaikan
|
l Kebenaran yang diperoleh tidak melalui penelitian
ilmiah.
l Contoh:
1.
Penemuan kebenaran secara kebetulan
2.
Wahyu (kebenaran dari Allah melalui Nabi)
3.
Coba-coba
4.
Spekulasi
Mikroskop dan Bagiannya
1.
Lensa Okuler
2.
Pengatur
lensa okuler
3.
Revolver
& Lensa Obyektif
4.
Meja
Preparat
5.
Penjepit
preparat
7.
Makrometer
8.
Mikrometer
9.
Pengatur
meja dan penjepit preparat
10.
Kondensor
dengan diafragma
11.
Penutup
lampu dg pengatur cahaya
12.
Pengatur
cahaya lampu
Tentang mikroskop kita
Mikroskop mampu memperbesar benda yang diamati sesuai dengan lensa
obyektif dan okuler yang digunakan (hasil kali lensa obyekti dan okulernya),
tetapi gambar yg dihasilkan terbalik dan benda harus tembus cahaya (mikroskop
cahaya)
1.
Lensa
okuler : pembesar gambar obyek atas
- Lensa obyektif : pembesar gambar obyek bawah
- Revolver : pengatur lensa obyektif yg dipakai
- Meja preparat : tempat meletakkan preparat
- Penjepit preparat : penahan preparat tetap ditempat
- Makrometer/pemutar kasar : menaikturunkan meja obyek dekat dg lensa obyektif secara cepat
- Mikrometer/pemutar halus : menaikturunkan meja obyek dekat dg lensa obyektif secara lambat
- Diafragma : pengatur banyak sedikit cahaya yang mengenai obyek pengamatan
- Pengatur penjepit preparat kiri kanan
- Pengatur meja preparat ke depan dan ke belakang
Membuat preparat
Preparat adalah benda yang
diamati di mikroskop, yang terbuat dari bagian yang akan diamati dengan
memotong, menyayat tipis atau mengambil sesuatu yang diletakkan di dalam kaca
pengamatan/preparat. Kaca tersebut meliputi kaca obyek/object glass dan kaca
penutup/deck glass
Keselamatan kerja dalam
Laboratorium
1. Siswa harus didampingi
oleh guru/pembimbing
2. Siswa wajib mematuhi tata tertib yang berlaku di
laboratorium.
3. Apa bila menggunakan bahan kimia maka kenali jenis zat
dengan melihat symbol atau tanda yang tertera pada label wadah atau botol zat
kimia tersebut.
4. Jauhkan bahan kimia yang mudah terbakar dari api
(alcohol, spirtus, natrium)
5. Gunakan alat-alat lab. Sesuai dengan fungsi dan fahami
cara kerjanya.
6. Cucilah dengan air mengalir sebelum dan sesudah
melakukan percobaan serta apabila terkena bahan kimia.
7. Tidak diperbolehkan menghirup ataupun mencicipi
gas/bahan secara langsung dari kemasan bahan kimia atau wadah.
8. Tidak menngarahkan mulut tabung reaksi kepada
seseorang pada saat digunakan.
9. Buanglah limbah sisa percobaan, sampah pada tempatnya
10. Cuci dan bersihkan setiap alat yang digunakan dengan
sabun dan keringkan alat-alat tersebut.
Sifat-sifat bahan kimia : bersifat mudah terbakar, korosif, beracun,
berbau tajam, mudah meledak, atau radioaktif. Oleh karena itu bahan-bahan ini
disimpan dan dikemas dalam botol/wadah yang diberi label dan symbol tertentu.
Ciri-Ciri Makhluk Hidup
a.
Ciri-Ciri
Hidup
1. Makan
2. Bernafas
3. Bergerak
4. Mengeluarkan zat
sisa
5. Peka terhadap
rangsang
6. Berkembang biak
7. Bertumbuh
Makhluk hidup berbeda dengan benda/makhluk tak hidup, karena makhluk
hidup memiliki semua ciri-ciri hidup
a. Jenis Makanan 1. Carnivora
2.
Herbivora
3.
Omnivora
b. Sifat hidup 1.
Saprofit
2.
Parasit
a. Produsen (membuat makanannya sendiri) ----- fotosintesis (autotrof)
b. Konsumen + pengurai (tidak dapat membuat
makanan sendiri / bergantung dengan
yang lainnya) heterotrof
Fotosintesis:
n Arti: Proses pembuatan makanan dengan bantuan cahaya
Matahari pada makhluk hidup yang berhijau daun/klorofil.
n Reaksi: CO2 + H2O klorofil >>>> C6H12O6
+ O2
Bernafas
Proses pengambilan Oksigen untuk proses pembakaran/oksidasi
bahan makanan guna mendapatkan energi.
2. Reaksi
Makanan + O2 --> Energi + CO2
+ H2O
3.
Macam alat pernafasan
a.
Paru-paru
b.
Kulit
c.
Insang
d.
Trakea
e.
Stomata/lentisel
f.
Alat khusus
Mengeluarkan Zat sisa
n Arti : proses pengeluaran zat yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh.
n Mengapa zat tsb. harus dikeluarkan?
n Macam alat pengeluaran
1. Ginjal
2. Hati
3. Kulit
4. Alat pernafasan
5. Daun (stomata,
hidatoda)
Apa itu Iritabilita
Arti : kemampuan makhluk hidup menanggapi
rangsangan dari luar.
Alat
penerima rangsang:
a. Indera (pada hewan & manusia)
b. Tumbuhan:
Untuk
bereaksi terhadap rangsangan, antara lain:
- ujung batang selalu menghadap ke arah datangnya cahaya.
- ujung akar menuju ke pusat bumi.
- daun putri malu akan menutup daunnya jika ada getaran
- ujung batang selalu menghadap ke arah datangnya cahaya.
- ujung akar menuju ke pusat bumi.
- daun putri malu akan menutup daunnya jika ada getaran
Berkembang biak
Arti: Kemampuan makhluk hidup bertambah banyak untuk mewariskan sifat
keturunannya.
Macam Cara Berkembang biak
1. Generatif / kawin
2. Vegetatif / tak
kawin baik alami maupun buatan
Organisasi
kehidupan
tubuh makhluk hidup adalah organisasi/kumpulan dari
bagian-bagian penyusun proses kehidupan.
n 1. Sel
n 2. Jaringan
n 3. Organ
n 4. Sistem Organ
n 5. Organisme
SEL
Sel adalah satuan terkecil penyusun tubuh makhluk hidup
Ilmu yang mempelajari tentang sel dinamakan Sitologi.
Sel terdiri atas 2 bagian besar :
1. Bagian Luar
Terdiri atas Membran Sel, pada sel tumbuhan dilengkapi pelindung membran
sel yaitu Dinding Sel
2. Bagian dalam
Terdiri atas : a. Sitoplasma (cairan sel) yang didalamnya terdapat organel sel (mitokondria,
dll)
b. Nukleus
/ inti sel
4 Fungsi sel:
¨ 1. penyusun tubuh
¨ 2. perkembangbiakan (hwn. Bersel satu)
¨ 3. pertumbuhan dan perkembangan
¨ 4. pembawa faktor menurun (inti sel)
¨ . Fungsi bagian-bagian sel
¨ 1.
Membran plasma : mengatur keluar masuknya zat di
dalam sel
¨ 2.
Sitoplasma : tempat menyimpan bahan. makanan & tempat organel-organel sel
¨ 3.
Inti sel : pusat pengatur kegiatan sel
¨ 4.
Mitokondria : tempat respirasi sel
¨ 5.
Ribosom : tempat pembentukan protein
¨ 6. Retikulum Endoplasma : tempat menyalurkan protein
& pembentuk lemak
¨ 7.
Badan Golgi : tempat pengeluaran zat
¨ 8.
Vakuola : tempat menyimpan air dan zat
lain
¨ 9.
Sentrosom (pd hewan) : tempat pembelahan sel
¨ 10.
Lisosom (pd hewan) : penghasil enzim
¨ 11.
Plastida (pd tumbuhan) : untuk fotosintesis
J a r i n g a n
a. Arti Jaringan:
Kumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama.
B. Macam Jaringan
1. Jaringan hewan + manusia
2. Jaringan Tumbuhan
a. Arti Jaringan:
Kumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama.
B. Macam Jaringan
1. Jaringan hewan + manusia
2. Jaringan Tumbuhan
n 1 Jaringan Tumbuhan
¨ a. Jaringan epidermis/ pelindung
¨ b. Jaringan meristem / muda
¨ c. Jaringan pengangkut
n Jaringan Xilem
n Jaringan Floem
¨ d. Jaringan penguat
n Kolenkim
n sklerenkim
¨ e. Jaringan palisade / tiang
¨ f. Jaringan bunga karang
¨ g. Jaringan parenkim / dasar
n Jaringan tiang
n Jaringan bunga
karang
n . Jaringan Hewan:
¨ a Jaringan Epitel
¨ b. Jaringan otot
n Jaringan otot
polos
n Jaringan otot
lurik
n Jaringan otot
Jantung
¨ c. Jaringan penyokong
¨ d. Jaringan lemak
¨ e. Jaringan saraf
Jaringan Tumbuhan
a. Jaringan Epidermis
Sebagai pelindung
jaringan di bawahnya dari kekeringan dan kerusakan mekanis.
Terdapat di semua alat
tubuhan (akar, batang dan daun)
b. Jaringan Meristem
Merupakan jaringan yang
tersusun atas sel-sel muda yang aktif membelah untuk membentuk jaringan baru.
Terdapat pada ujung
akar, ujung batang, kambium)
c. Jaringan Pengangkut
Berfungsi mengangkut
bahan-bahan yang dibutuhkan tumbuhan baik air dan makanan.
Terdapat di semua alat
tubuhan (akar, batang dan daun)
d. Jaringan Penguat
Menyokong dan
memberikan kekuatan pada jaringan dan organ tanaman.
e. Jaringan Parenkim
Sebagai jaringan yang berfungsi membuat makanan dan
menyimpannya terdapat di daun yang mengandung klorofil. terdiri dari jaringan
palisade dan bunga karang.
Jaringan Sklereid pada jaringan Sklerenkim adalah jaringan yang membantu
kulit biji dan kulit buah menjadi keras.
Sklereid terdapat pada bagian tumbuhan,
antara lain di dalam korteks, floem, buah, dan biji. Dinding sklereid tersusun
atas selulosa yang mengandung zat lignin yang tebal dan keras. Pada beberapa
tumbuhan, kadangkadang ditemukan pula zat suberin dan kutin. Sel-selnya
mempunyai noktah yang sempit dan celahnya bundar, membentuk saluran yang
disebut saluran noktah. Lumen sel sangat sempit karena adanya
penebalan-penebalan dinding sel. Sklereid mungkin bisa dijumpai dalam bentuk
tunggal atau kelompok kecil di antara sel-sel, misalnya butiran seperti pasir
pada daging buah jambu biji atau suatu masa sinambung seperti pada tempurung
kelapa yang keras.
Organ pada tumbuhan
1.
Arti
Organ:
Kumpulan berbagai jaringan yang bekerja sama manjalankan fungsi
tertentu.
a. Organ Tumbuhan:
1. akar
2. batang
3. daun
4. bunga
b. Organ Hewan :
meliputi alat alat tubuh yang menyusun suatu fungsi organ tertentu.
Misalnya: Organ-organ penyusun sistem pencernaan meliputi: mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus
besar, poros usus, anus, hati, pankreas.
n Akar
Berfungsi:
1. Penyerap bahan makanan
2. Penopang
3. Menyimpan makanan
4. Alat pernafasan
Tersusun atas jaringan: epidermis, korteks dan jaringan pengangkut
n Batang
Berfungsi:
1. Penegak tumbuh-tumbuhan
2. Mengantarkan air dan bahan makanan
3. Menyimpan cadangan makanan
Tersusun atas jaringan: epidermis, endodermis, pengangkut dan penyokong
n Daun
Berfungsi:
1. Penyelengara fotosintesis
2. Tempat penguapan dan pernafasan
3. Menyimpan cadangan makanan
Tersusun atas jaringan epidermis, tiang, bunga karang dan pengangkut.
n
Bunga
Sebagai alat
reproduksi/perkembangbiakan.
Jaringan
ligamen merangkum sebagian sambungan
tulang-ke-tulang.
Tendon membantu terjadinya pergerakan sendi dengan
mentransmisikan gaya mekanik (tekanan) dari otot ke tulang. kerja sama otot ke tulang dibuat oleh tendon.
Sistem organ pada tumbuhan
Sistem
Organ
|
Organ
Penyusun
|
Fungsi
|
Pernapasan
|
Stomata, lentisel, akar
|
Tempat masuknya oksigen dan
keluarnya CO2
|
Transportasi
|
Daun, batang, akar
|
Mengangkut air ke daun dan
mengedarkan zat makanan ke seluruh tubuh
|
Gerak
|
Akar, batang, daun
|
Merespon rangsangan dari luar
|
Transpirasi
|
stomata
|
Mengeluarkan uap air
|
Sistem organ pada hewan
Sistem
organ
|
Organ
penyusun
|
Fungsi
|
Pernapasan
|
Hidung, tenggorokan, paru-paru
|
Menyuplai oksigen dan membuang
karbon dioksida
|
Pencernakan
|
Mulut, kerongkongan, lambung,
pancreas,usus
|
Memncerna makanan sehingga
dapat diserap usus
|
Pengangkutan
|
Jantung, pembuluh darah
|
Mengangkut zat sisa yang
diperlukan tubuh dan zat yang akan dibuang
|
Pengeluaran
|
Hati, paru-paru, ginjal
|
Mengeluarkan zat sisa yang sudah
tidak dibutuhkan tubuh
|
Gerak
|
Tulang, otot
|
Menggerakan tubuh
|
Saraf
|
Otak, sungsum tulang belakang,
serabut saraf
|
Menerima dan meneruskan
rangsang, serta memberikan respon terhadap rangsang
|
Perkembangbiakan
|
Testis, ovarium
|
Melakukan perkembangan
|
Ilmu yang mempelajari klasifikasi
makhluk hidup disebut ilmu Taksonomi
Pengelompokan makhluk hidup
menurut Aris Toteles :
Makhluk hidup dibagi menjadi 2
yaitu : tumbuhan dan hewan
Berdasarkan lingkungannya
tumbuhan dikelompokkan menjadi 3 :
- 1. Xerofit : Tumbuhan yang hidup di daerah kering/ gurun (kaktus)
- 2. Hidrofit : Tumbuhan yang hidup di daerah berair/perairan (teratai)
- 3. Higrofit : Tumbuhan yang hidup di daerah lembab (paku, lumut)
Hewan dibagi menjadi 3
berdasarkan makanannya :
1. Herbivora
2. Carnivora
3. Omnivora
C. Linnaeus >>> Sistem
tata nama ganda (Binominal Nomenclature) dengan ketentuan sebagai berikut :
1.
Harus dalam bahasa latin
2.
Terdiri dari dua nama
3.
Kata pertama menunjukan genus, kata ke dua menunjukan species
4. Kata pertama dan kedua digaris
bawahi dan secara terpisah atau dicetak miring.
Contoh :
- Oryza sativa (padi)
- Oryza sativa
Perhatikan organisme di bawah ini!
1. Spirulina 2 Euglena 3. Lumut 4. Protista
Menurut Robert H. Whittaker
(1707)
- Kingdom Monera
- Kingdom Protista
- Kingdom Fungi (jamur)
- Kingdom Plantae (tumbuhan)
5. Kingdom Animalia (hewan)
Monera dibagi dua golongan :
Golongan Bakteri (Scyzophyta)
Ciri
umum
-
Tubuh bersel satu
-
Tidak berklorofil
-
Berkembangbiak dengan membelah diri
Ganggang Hijau Biru (chyanophyta)
Ciri
umum
-
Bersel satu atau banyak
-
Memiliki pigmen Fikosianin
-
Berkembang biak dengan membelah diri
-
Habitat perairan, tempat lembab, air panas
-
Merupakan Vegetasi perintis
Fungi :
Bersifat eukariotik, Heterotrof,
Parasit dan Patogen. Berkembangbiak
dengan spora.
Fungi
yang bermanfaat :
Rhizopus
stolonifus (jamur tempe)
Aspergillus
wentti (untuk membuat kecap)
Saccharomyces
cereviae (jamur roti)
Volvariella
volvacea (jamur merang)
Untuk memudahkan pengelompokan
makhluk hidup, kita menggunakan kunci diterminasi/kunci dikotom, dengan
mengenal ciri-ciri makhluk hidup
1.
|
a.
|
Bertulang
belakang …………..……………………….. 2
|
b.
|
Tidak
bertulang belakang…………………………….. 15
|
|
2.
|
a.
|
Berdarah
panas …………………………………………. 11
|
b.
|
Berdarah
dingin …………………………………………. 3
|
|
3.
|
a.
|
Penutup
tubuh berupa rambut ………………………… 4
|
b.
|
Penutup
tubuh bukan berupa rambut ………………… 5
|
|
4.
|
a.
|
Memiliki
anggota gerak................................................. 8
|
b.
|
Tidak
memiliki anggota gerak .................................... 9
|
|
5.
|
a.
|
Bersisik
…………………………………………………. 6
|
b.
|
Tidak
bersisik ……………………………………………. 7
|
|
6.
|
a.
|
Habitat
di air ……………………….………… Pisces
|
b.
|
Habitat
di darat …………………….……………...… 12
|
|
7.
|
a.
|
Berbulu
……………………………………………….… 10
|
b.
|
Tidak
berbulu ………………………………… Amphibi
|
No
|
Nama
Makhluk Hidup
|
Nomor
diterminasi
|
1
|
Ikan emas
(Cyprinus carpio)
|
1a, 2a,3b,5a,6a
|
2
|
katak (Rana sp.)
|
1a, 2a,3b,5b,7b
|
ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, hati hati teman banyak jasa pengurus yang tidak benar contoh'nya saya pernah adakan pengurusan di salah satu web ijasah di google ternyata hasil'nya saya hanya di TIPU, tapi saya'pun tetap bersabar dan alhamdulillah ternyata semua itu ada hikma'nya, dan suatu hari kemudian tak di sangka saya bertemu salah satu anggota keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya yang hilang mulai dari SD sampai S1 yang kemarin saya jadi korban kebakaran dan alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, syarat dan ketentuan cara ngurus ijasah di bawah ini wassalam.....
BalasHapus1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 1.500.000
• SMA = Rp. 2.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000